Minggu, 11 Juli 2021

Panduan Pelaksanaan MATSAMA 2021

Panduan MATSAMA 2021

PANDUAN PELAKSANAAN MATSAMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA)

A.  PENDAHULUAN

Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang,  mulai  dari  tingkat  Raudlatul  Athfal (RA),  Madrasah  Ibtidaiyyah (MI) sampai  dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu  diawali  dengan masa  orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada  peserta didik  baru.  Kegiatan ini biasanya dikenal  dengan istilah  Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) .

Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas,  karakter dan  budaya  yang addi lingkungan madrasah. Sehingga  keberadaan dari  MATSAMA ini  akan  turut menentukan berhasil  atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya.

 

Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada  para peserta didik. Sehingga dalam  pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama harus  mampu memberikan pengalaman yanmenyenangkan kepada  para  peserta didik  baru.  Sebagaimana tercantum dalam  pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional  dan  Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Nomor  18 Tahun  2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.

 

Selain  itu,  kegiatan  MATSAMA ini  tidak  lepas  dari   visi  dan  misi  Direktorat Kurikulum  Sarana   Kelembagaan  dan  Kesiswaan  Madrasah,  Ditjen  Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi yang tidak hanya  cerdas  secara  akal, tetapi juga matang secara  spiritual dan  berkarakter ke- Indonesia-an. Sebagai bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik  Indonesia, Ir. H.  Joko Widodo  dalam  periode   pemerintahan 2019-2024 yang  menitikberatkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia  Indonesia.

 

Namun  demikian, karena  tahun ajaran  bar2021/2022 bangsa  Indonesia masih berada  pada  nuansa Pandemi Covid-19, makpola pelaksanaan kegiatan MATSAMA pun  harus  menyesuaikan dengan standar  protokol kesehatan yang sudah  ditetapkan oleh  pemerintah. Meskipun,  secara  substansi, kegiatan tujuan dan visi dari kegiatan MATSAMA ini tetap mengarah pada tujuan awalnya.

B.  TUJUAN

Adapun   tujuan  dari  pelaksanaan  dari  kegiatan  MATSAMA ini  adala sebagai berikut:

Mengenalkan lingkungan, niladan  karakter khusus  madrasah kepada  para peserta didik baru,  agar selama  proses  pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan  nyama bagi  mereka   untuk  mengembangkan seluruh potensi diri  dan kemampuan

1.    Menumbuhkan kultur dan  jiwa bangga  kepada  para  peserta didik  baru  untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga  nama baik almaternya

2.    Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai  moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada  para peserta didik baru

C.  MATERI

Beberapa  materi yang  akan  disampaikan kepada  para  peserta didik  baru  (secara lebih detil sebagaimana terlampir) dalam kegiatan MATSAMA antara lain:

1.    Kemadrasahan (pengenalan lingkungan Madrasah):

a)      Kegiatan rutin (belajar mengajar)

b)      Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran,

c)      Tata Tertib, Nilai dan norma  yang berlaku,  dan

d)      Kegiatan dan organisasi  kesiswaan.

2.    Karakter moderasi beragama dan kebangsaan

D.  WAKTU PELAKSANAAN

Adapun waktu pelaksanaan MATSAMA adalah selama tiga (3) hari pada minggu pertama awal  tahun pelajaran pada  saat hari masuk  sekolah  dan jam pelajaran atau mengikuti/menyesuaikan kondismadrasah. Sementara jangka waktu pelaksanaan  MATSAMA kepad madrasah  berasramadapat  terlebih  dahulu melaporkan kepada  Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kanwil Kementerian agama Provinsi sesuai dengan kewenangannya.

E.  TANGGUNG JAWAB PELAKSANAAN

1.    Kepala  madrasah bertanggung jawab  penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam MATSAMA.

2.    Perencanaan kegiatan MATSAMA disampaikan oleh  madrasah kepada  orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai peserta didik baru.

3.    MATSAMA wajiberisi  kegiatan yang  bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan.

F.   KETENTUAN (DESAIN) PELAKSANAAN

Mengingat pelaksanaan pembelajaran pada tahun pelajaran 2021/2022 masih dalam kondisdarurat Covid-19 namun proses pembelajaran sudah  akan dimulai  dengan pembelajaran Tatap Muksecara  Terbatas dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tertuang dalam SKB 4 Menteri, maka desain pelaksanaan MATSAMA antara lain sebagai berikut:

1.    Persiapan:

a)      Pembekalan    para     mentor/pendamping     MATSAMA    (secara daring/luring).

b)      Araha dari  Direktorat  KSKK Madrasah/Kanwil  Kementerian  Agama Provinsi/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota

2.    Pelaksanaan dibagi ke dalam tiga (3) model:

a.       Model   tatap  muk terbatas:  peserta  didi berdasarkan  ketentuan pemerintah dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

b.      Model   Daring/Virtual:  peserta  didi dapat  mengikuti  secar daring dengan ketentuan tersedianya jaringan internet. Hal ini agar para peserta didik yang tidak dapat hadir  secara tatap muka  di madrasah tetap dapat mengikuti  seluruh  tahapan  dan   proses   MATSAMA, madrasah  harus menyediakan akses untuk seluruh tahapan dan proses MATSAMA secara online.

3.    Evaluasi baik dari  sisi pelaksana, pendamping/mentor dan  para  peserta didik baru.  Dengan  tujuan untuk mengetahui efektifitas dan kemungkinan berbagai kendala  yang dihadapi selama proses pelaksanaan MATSAMA.

Adapun ketentuan pelaksanaan MATSAMA sebagai berikut:

1.    MATSAMA dilakukan dengan memperhatikan hal sebagai berikut :

a.       Perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi  hak guru;

b.      Dilarang  melibatkan peserta didik  senior  (kakak  kelas)  dan/atau alumni sebagai penyelenggara;

c.       Bagi wilayah dengan kategori zona hijau, seluruh kegiatan dilaksanakan di lingkungan madrasah dengan tetap memperhatikan ketentuan  protokol kesehatan dan  memperhatikan SKB 4 Menteri dalam  melakukan proses pembelajaran tatap muka terbatas. Sementara bagi peserta didik yang tidak dapat hadir secara tatap muka, madrasah harus memastikan bahwa seluruh tahapan dan  proses  MATSAMA dapat diakses  oleh  peserta didik  dari rumah.

d.      Seluruh bentuk kegiatan wajib bersifat edukatif,

e.      Tidak mengarah pada bentuk perpeloncoan atau tindak kekerasan lainnya;

f.        Wajib  menggunakan pakaian  yang sopan,  rapih,  menutup aurat, longgar (tidak membentuk tubuh) dan tidak transparan;

g.      membiasakan budaya  salam apabila  dengan seorang  ataupun sekelompok orang

h.      Melaksanakan    seluruh    kegiatan    keseharian    (ibadah,    rangkaian acara/kegiatan, olah raga, dll);

i.         Menaati peraturan tata tertib yang berlaku  di Madrasah. j.    Peserta didik mengenakan tanda pengenal.

j.         Menjungjung tinggi nilai norma  yang berlaku  di lingkungan Madrasah.

k.       Dilarang  memberikan tugas kepada  siswa barberupa  kegiatan maupun penggunaan atribut  yang  tidak  relevan   dengan  aktivitas pembelajaran siswa;

l.         Dapat  melibatkan  tenaga  kependidikan  yang   relevan   dengan  materi kegiatan pengenalan lingkungan madrasah;

m.     Dilarang melakukan pungutan biaya maupun bentuk pungutan lainnya.

2.    Contoh  dar kegiatan  da atribut  yan tidak  releva dengan  aktivitas pembelajaran dadilarang  digunakan dalam  pelaksanaan MATSAMA tercantum dalam Lampiran  III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru

 

 

G.  SANKSI-SANKSI

Pemberian sanksi atas pelanggaran terhadap pedoman ini adalah sebagai berikut :

a.    Madrasah memberikan sanksi kepada  siswa dalam rangka pembinaan berupa:

1)      Teguran  tertulis; dan

2)      Tindakan lain yang bersifat edukatif

b.    Kepala Kanwil kementerian agama Provinsi, kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten/Kota atau pengurus yayasan  sesuai  kewenangannya memberikan sanksi kepada  kepala/wakil kepala madrasah berupa;

1)      Teguran  tertulis;

2)      Penundaan atau pengurangan hak;

3)      Pembebasan tugas; dan/atau

4)      Pemberhentian sementara/tetap dari jabatan

c.    Kepala kanwil  Kementerian Agama Provinsi  atau Kepala kantor Kementerian Agama  kabupaten/Kotsesuai  kewenangannya memberikan  sanksi  kepada madrasah berupa  pemberhentian bantuan dari pemerintah; dan atau

d.    Menteri atau  pejabat yang  ditunjuk memberikan sanksi  kepad madrasah berupa  :

1)    Rekomendasi peninjauan level akreditasi;

2)    Pemberhentian bantuan dari pemerintah.

 

H.  LAIN-LAIN

Siswa yang berhalangan atau tidak dapat mengikuti kegiatan MATSAMA karena alasan tertentu (contoh: sakit) harus atas sepengetahuan panitia MATSAMA dan pihak madrasah.

 


Lampiran I

Konten Materi MATSAMA 2020/2021 :

I.     Materi Umum

1.    Kemadrasahan:

a.       Sejarah

b.      Tata Tertib

c.       Struktur, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

d.      Peserta Didik

e.      Jurusan/Konsentrasi

f.        Kegiatan Belajar Mengajar (KBM):

1.    Metode/Model Pembelajaran

2.    Kegiatan rutin (belajar mengajar)

g.      Kegiatan dan organisasi  kesiswaan. h.   Prestasi dan Alumni

 

2.    Karakter moderasi  beragama  dan  kebangsaan  (Mengac pada  buk modul

“Membangun Karakter Moderat”

a.    Raudhatul Athfal:

1)      Toleransi

2)      Akhlakul Karimah

b.    Madrasah Ibtidaiyah

1)   Keragaman

2)   Prinsip Kemajemukan

c.    Madrasah Tsanawiyah:

1)      Kesetaraan

2)      Anti Diskriminasi

d.    Madrasah Aliyah:

1)      Ukhuwwah Islamiyah

2)      Ukhuwwah Basyariyyah

3)      Ukhuwwah Wathoniyah

4)      Bernalar Kritis

5)      Berjiwa Kompetitif

II.            Materi Khusus

Mengikuti kebijakan  masing-masing wilayah dan madrasah sesuai dengan pengembangan  kekhususan dan  keunikan  madrasah. Beberapa  aspek kekhususan dan keunikan di madrasah antara lain:

1.    Program  Robotik di Madrasah

2.    Program  Riset di Madrasah

3.    Program  Keterampilan di Madrasah

4.    Lain-lainnya sesuai dengan madrasah masing-masing

 Untuk mendowload File Panduan Pelaksanaaatsama Tahun 2021, silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAN 2 PADANG PARIAMAN

Penetapan Siswa Madrasah Penerima Program Indonesia Pintar (pip) Tahap I Tahun 2024

  Daftar Nama Siswa MAN 2 Padang Pariaman Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Tahap I Tahun 2024